Upacara Hari Korpri dan HGN, Bupati Baca Sambutan Presiden dan Mendikbud

Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham, SE, menjadi pembina Upacara Hari Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) yang Ke-48 yang dipadukan dengan Upacara Hari Guru Nasional (HGN), berlangsung di Halaman Kantor Bupati di Suka Makmue, Jum'at (29/11).

Upacara berlangsung dalam suasana khidmat dan turut dihadiri unsur forkopimda, para kepala SKPK, camat, PNS, guru serta para siswa. 

Pada kesempatan itu Bupati HM Jamin, membacakan sambutan Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo serta sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim.

Presiden dalam sambutannya, antara lain menyampaikan, "Saya mengajak seluruh Anggota KORPRI untuk terus menerus bergerak mencari terobosan, terus menerus melakukan inovasi. Pelayanan yang ruwet, berbelit-belit dan yang menyulitkan rakyat, harus kita pangkas. Kecepatan melayani menjadi kunci reformasi birokrasi," katanya. 

Lebih lanjut, Presiden Jokowi mengatakan, "Dengan kemajuan teknologi, cara kerja birokrasi juga harus berubah. Inovasi teknologi harus bisa mempermudah, bukan mempersulit pekerjaan. Kemajuan teknologi adalah instrumen untuk mempercepat penyelesaian masalah. Masalah saat ini harus kita selesaikan dengan smart shortcut yang lebih cepat, lebih efisien dan lebih memberikan dampak yang luas," terangnya. 

Usai menyampaikan sambutan Presiden, selanjutnya Bupati Nagan Raya membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Makarim, antara lain mengatakan, "Saya tidak akan membuat janji-janji kosong kepada Anda. Perubahan adalah hal yang sulit dan penuh ketidaknyamanan. Satu hal yang pasti, saya akan berjuang untuk memerdekakan belajar di Indonesia," katanya. 

Ia menjelaskan, "Perubahan tidak dapat dimulai dari atas. Semuanya berawal dan berakhir dari guru, Jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. Ambillah langkah pertama," ujar Mendikbud. 

Menteri Nadiem menyampaikan, "Besok di mana pun Anda berada, lakukan perubahan kecil di kelas Anda. Ajaklah kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar," pintanya.

Dalam kesempatan itu, bupati menyerahkan hadiah dan tropi kepada peraih juara lomba untuk kalangan siswa dan guru.

Share this post

Pinterest
LinkedIn
WhatsApp

Berita Terkait :