SIMULASI PENANGANAN COVID-19 OLEH PEMKAB NAGAN RAYA

Sebagai bentuk sosialisasi sekaligus langkah-langkah yang akan ditempuh dalam upaya penanganan wabah covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya Provinsi Aceh, menggelar simulasi alur penanganan covid-19 tersebut di Alun-Alun Suka Makmue, Kamis (2/4) pagi.

Kegiatan simulasi dibuka Bupati Nagan Raya dan turut dihadiri Ketua DPRK, Dandim 0116 Nagan Raya, Kapolres, Sekda, para Asisten, Kepala Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK), seluruh camat, Danramil, Kapolsek, serta para Kepala Puskesmas dalam Kabupaten Nagan Raya termasuk para dokter spesialis.

Dalam simulasi tersebut, personil yang terlibat meliputi Gugus Tugas Kabupaten, Dinas Kesehatan, BPBD, personil Kodim 0116 Nagan Raya, Dinas Sosial serta Tim Medis  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Iskandarmuda.

Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham, didampingi unsur forkopimda usai membuka kegiatan simulasi, kepada wartawan mengatakan, kegiatan tersebut dimaksudkan agar semua mengetahui, terutama warga masyarakat melalui kepala desa, para camat serta pihak lainnya nanti, sehingga bisa lebih memahami secara lengkap perihal wabah corona serta upaya penanganannya.

"Kita panggil semua muspika, yakni para Camat, Danramil, Kapolsek, dan Kepala Puskesmas. Kegiatan ini kita sosialisasikan supaya mereka (masyarakat) tidak mengerti setengah-setengah, tidak sepenuhnya. Hal ini juga agar menjadi contoh untuk dilakukan di kecamatannya masing-masing. Ini kita libatkan semua dinas terkait, termasuk dokter spesialis. Semua dokter yang ada di Nagan Raya kita libatkan," kata Bupati HM Jamin Idham, SE.
 
Sementara Dandim 0116 Nagan Raya, Letkol Inf. Guruh Tjahyono, S.I.P.,MI.,Pol, yang juga Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Nagan Raya, mengharapkan, sosialisasi penanganan wabah corona tersebut dilaksanakan agar pengetahuan atau keinginan masyarakat terkait covid-19 bisa terpenuhi, sebagaimana diamanatkan peraturan pemerintah tentang gugus tugas.

"Harapan kami dari forkopimda maupun gugus tugas penanganan corona Nagan Raya terpenuhinya keinginan masyarakat. Sekarang ada peraturan pemerintah untuk membentuk gugus tugas mulai dari desa, kecamatan hingga kabupaten. Sehingga tidak ada yang tidak tahu masalah kesehatan," ujar Dandim 0116 Nagan Raya itu.[]

Share this post

Pinterest
LinkedIn
WhatsApp

Berita Terkait :