Pembukaan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Formasi Umum Kabupaten Nagan Raya Tahun 2022

Sebanyak 40 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Nagan Raya Formasi Tahun 2021 mengikuti Pembukaan Pelatihan Dasar (Latsar) Angkatan I di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM ) Aceh, Senin (25/7)

Latsar tersebut dilaksanakan oleh BKPSDM Kabupaten Nagan Raya bekerja sama dengan BPSDM Aceh, dibuka Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Aceh, Syaridin, S.Pd., M.Pd.

Sekretaris Daerah Kabupaten Nagan Raya, H. Ir. Ardimartha diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Amran Yunus S.P., M.T. pada pembukaan menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Aceh beserta jajaran atas terlaksananya Pelatihan Dasar bagi CPNS Kabupaten Nagan Raya Formasi Tahun 2021.

“Pelatihan dasar merupakan bekal CPNS untuk memiliki pengetahuan, kemampuan, dan ketrampilan dalam melaksanakan tugas sebagai aparatur negara sekaligus pelayan masyarakat,” kata Amran

Amran menjelaskan, hal ini dilakukan bertujuan untuk membentuk karakter disiplin dan etika sebagai PNS dalam rangka pembinaan SDM Aparatur yang memiliki peranan penting terhadap penyelenggaraan pemerintahan.

“Melalui pelatihan dasar, peserta nantinya akan memperoleh pemahaman tentang tugas dan peranan sebagai Aparatur Sipil Negara yang memiliki cara berpikir, bersikap dan bertindak secara benar dan juga tepat, selalu berpihak pada kemaslahatan rakyat sebagai implementasi kepemerintahan yang baik untuk mewujudkan kepercayaan masyarakat,” ujar Amran.

Sementara, Plt. Kepala BKPSDM Kabupaten Nagan Raya, Bambang Surya Bakti, S.E. menyebutkan, CPNS yang mengikuti pelatihan dasar ini berjumlah 200 orang peserta, terdiri dari golongan II 124 orang, dan golongan III sebanyak 76 orang, berdasarkan kategori jabatan, tenaga kesehatan berjumlah 187 orang dan tenaga teknis 13 orang.

“Semua peserta tersebut terbagi dalam 5 angkatan, untuk angkatan pertama diikuti oleh 40 orang peserta yang berlangsung selama 51 hari dan 511 Jam Pelajaran,” sebutnya

Bambang menambahkan, Latsar CPNS Angkatan I dilaksanakan selama 18 hari on campus, 30 hari off campus kembali ke unit kerja asal, serta diakhiri dengan evaluasi aktualisasi di BPSDM Aceh selama 3 hari, tambahnya.

Latsar CPNS Formasi Umum Golongan II dan III berlangsung selama 511 Jam Pelajaran, bersifat 2 tahap, yaitu tahap internalisasi (klasikal) 191 JP dan tahap aktualisasi (non klasikal) 320 JP.

Dimulai dengan tahap internalisasi dari tanggal 25 Juli 2022 sampai dengan 13 Agustus 2022 bertempat di BPSDM Aceh, kemudian tahap aktualisasi dari tanggal 15 Agustus 2022 sampai dengan 19 September 2022 pada unit kerja masing-masing peserta.

Selanjutnya seluruh peserta kembali ke BPSDM Aceh untuk mengikuti evaluasi aktualisasi mulai tanggal 20 sampai dengan 22 September 2022, tutup Bambang Surya Bakti.

sumber: waspada_id

Share this post

Pinterest
LinkedIn
WhatsApp

Berita Terkait :