DISKOMINFOTIK BANGUN POSKO BELAJAR ONLINE DI SINGGAHMATA

Menyikapi keluhan 30-an mahasiswa asal Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang terkait jaringan internet disana, Rabu (8/4) kemarin, Pemerintah Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik), membangun "Posko Belajar Online" di Gunung Singgahmata.

Lokasi posko berjarak sekitar 5 KM dari perkampungan penduduk. Dikawasan itu jaringan internet dapat diakses, sementara diperkampungan cuma ada jaringan telepon. 

Kadis Kominfotik Nagan Raya, Drs Said Amri, mengatakan, pembangunan posko sederhana tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa atau warga yang membutuhkan akses internet.

Menurutnya, fasilitas darurat yang dibangun ditengah pandemi virus corona itu sebagai bentuk kepedulian Pemkab Nagan Raya terhadap mahasiswa disana. 

Sebelumnya, lanjut Kadis Kominfotik, ia telah melaporkan kepada Bupati dan langsung memerintahkannya untuk segera merespon keluhan mahasiswa Beutong Ateuh Banggalang. 

Ia menambahkan, akibat wabah covid-19 melanda, mahasiswa tidak diperkenankan belajar secara tatap muka. Mereka harus kuliah daring (dalam jaringan) di rumah lewat internet ke kampus masing-masing. 

"Mudah-mudahan posko darurat dan sederhana dikawasan terpencil itu bermanfaat kiranya," ujar Said Amri.

Pembangunan posko akses internet tersebut, katanya, juga didukung jajaran DPRK Nagan Raya serta melibatkan mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Pelajar Mahasiswa se-Nagan Raya (Ipelmasra) baik yang ada di Banda Aceh, Meulaboh, dan lain-lain. 

Ketua Ipelmasra, Jabal Abdul Salam, mengapresiasi respon semua pihak, terutama Pemkab dan DPRK.

"Terima kasih DPRK dan Pemkab Nagan Raya yang cukup responsif. Posko ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam menjalani proses belajar secara online," katanya.[]

Share this post

Pinterest
LinkedIn
WhatsApp

Berita Terkait :