Bupati Nagan Raya Resmikan Rumah Sehat Pasien Covid-19

Ditengah pandemi corona yang sedang mewabah, Pemerintah Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh telah mempersiapkan ruang khusus  yang diberi nama “Rumah Sehat” bagi warga yang tertular covid-19 dengan status pasien dalam pengawasan (PDP).

Peresmian Rumah Sehat karantina pasien Covid-19 yang berlokasi di Gampong (Desa) Blang Sapek, Kecamatan Suka Makmue, sekitar satu kilometer dari perkampungan penduduk tersebut dilakukan Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham, pada Selasa 14 April lalu. 

Bangunan yang terdiri dari 15 ruangan dan menampung sekitar 30 pasien itu merupakan bangunan baru yang selama ini digunakan sebagai Puskesmas. Untuk menggantikannya, bangunan Puskesmas lama yang terletak di Gampong Cot Kuta, kembali diaktifkan untuk pelayanan kesehatan di kecamatan tersebut.

Usai peresmian, Bupati Nagan Raya, M Jamin Idham, kepada wartawan mengatakan, bangunan Rumah Sehat itu berfungsi untuk mendukung Rumah Sakit Umum Daerah Sultan Iskandar Muda Nagan Raya, agar dapat memaksimalkan pelayanan kesehatan dalam penanganan Covid-19

Bupati mengatakan, di Rumah Sehat telah disiapkan tenaga medis termasuk dokter spesialis paru, supaya pasien PDP ringan dapat dirawat dan dikontrol dengan baik disana.

"Nanti kalau memang ada warga kita di Nagan Raya yang PDP ringan, itu tentu kita akan isolasi disini sambil dikontrol, dirawat, supaya mereka itu bisa sembuh," kata Jamin Idham yg juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Nagan Raya.

Ketika ditanya kapasitas ruangan di di Rumah Sehat tersebut, lebih lanjut Bupati HM Jamin Idham mengatakan, puluhan orang PDP bisa dirawat oleh tenaga medis yang sudah disiapkannya.

"Paling tidak 30 orang bisa kita tampung disini. Untuk tenaga medis, Insya Allah tidak ada masalah, karena telah disiapkan jauh-jauh hari. Kemarin, untuk penanganan ini sudah kita datangkan dokter spesialis dari Banda Aceh, yakni spesialis paru," pungkas Bupati.[]

 

Share this post

Pinterest
LinkedIn
WhatsApp

Berita Terkait :